Acara Komodo Travel Mart ke V sukses di adakan dalam rangka pengenalan potensi wisata Labuan Bajo kepada para pelaku pariwisata Indonesia dan Mancanegara.
Event yang diadakan mulai tangga 6-9 Juni 2024 ini di ikuti oleh 121 buyer biro travel agent dari berbagai daerah di Indonesia serta beberapa agent travel dari Jerman dan Malaysia.
Dalam rangkaian Komodo Travel mart ini seller yang berpartisipasi sebanyak 62 usaha wisata, terdir dari para pelaku pariwisata yang ada di Labuan Bajo, mulai dari penyedia akomodasi hotel, provider kapal phinisi, provider speedboaat , pusat oleh – oleh souvenir , jasa transportasi dan para pelaku UMKM yang berkontribusi dalam memajukan pariwisata Labuan Bajo.
Acara Komodo Travel Mart dalam tema “ Embraching The Sustainable Treasure” di buka oleh wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif ibu Angela Tanoesoedibjo, saat opening welcoming dinner di Ta’aktana Luxury Labuan Bajo by Marriot yang di sambut antusias oleh semua tamu undangan yang hadir.
“Penyelenggaraan Komodo Travel mart ini adalah visi Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas dan gerbang menuju destinasi lainnya di Labuan Bajo dan Nusa Tenggara Timur. Forum – forum serupa hadir sebagai event strategis untuk mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan dan mendorong peningkatan investasi pariwisata di Labuan Bajo dan NTT.” ucap sambutan Wamenparekraf.
Selain kegiatan bisnis forum dengan acara table top meet seller & buyer , Komodo Travel Mart ini juga melakukan Green Action bakti penanaman bibit pohon Merbabu di Parapuar Labuan Bajo.
Kegiatan ini sukses di selenggarakan oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) bersama konsorsium asosiasi pariwisata dan berkalaborasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) acara ini berlangsung selama 4 hari 3 malam.
Rundown itinerary Komodo Travel Mart V meliputi :
Hari pertama Opening Welcome Dinner
Hari ke dua table top bussines forum dan acara green action penanam pohon di Parapuar Labuan Bajo
Hari ke tiga acara famtrip island hopping tour mengunjungi Pulau Padar, Pink Beach dan Pulau Rinca.
Sore hari di lanjutkan dengan parade tour kapal phinisi untuk sunset Cruise dan Farewell dinner di Plataran Komodo resort.
Untuk hari ke empat jika para buyer masih melanjutkan extend di Labuan Bajo panitia menyediakan post tour untuk explore ke trip Wae Rebo dan Danau Kelimutu.
Target transaksi dalam acara Komodo Travel Mart V di perkirakan mencapai 35 miliar rupiah di lihat dari para buyer potensial yang akan membawa wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo dalam waktu yang akan datang.
Semoga dengan terselenggaranya event Komodo Travel Mart ini semakin memperkenalkan Labuan Bajo di kancah wisata dunia dan tentunya akan membawa dampak positif bagi pelaku wisata warga lokal Labuan Bajo dan masyarkat Nusa Tenggara Timur pada umumnya ke taraf ekonomi yang lebih baik.
Untuk ulasan kegiatan lainnya di Labuan Bajo silahkan sobat Inspire Travel bisa baca di artikel kami yang lain, dan jika ingin tour Labuan Bajo jangan segan untuk menghubungi kami sebagai travel agent terpercaya di Labuan Bajo.
Salam pariwisata dan semoga bermanfaat 😊.